WAKILI KWARTIR CABANG KABUPATEN MAGELANG, SMA PL VAN LITH IKUTI KEMAH PERTIKALPATARU 2023

Kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru III Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2023 merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan yang diselenggarakan untuk anggota Saka Kalpataru dalam rangka mengadakan proyek integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat seperti yang tersirat dalam janji Tri Satya untuk Penegak dan Pandega. Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk yang menarik dan tetap menerapkan gaya hidup berkelanjutan yang penuh kesadaran untuk meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan serta merupakan bakti nyata sebagai wujud pengabdian dan kepedulian anggota Gerakan Pramuka terhadap masyarakat, Bangsa dan Negara.

            Kemah Pertikalpataru mangambil tema Bangkitkan semangat kalpataru, wujudkan bhakti, bersama membangun kehidupan yang berkelanjutan. Kemah diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kwartir Cabang Jepara pada tanggal 11 Juli 2023 sampai dengan 14 Juli 2023. SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kabupaten di percaya mewakili kabupaten Magelang untuk megikuti kemah pertikalpatau 2023. SMA Pangudi Luhur Van Lith mengirimkan 5 putra dan 5 putri serta 2 Pendamping yaitu Kak Antang Hartoko S.Pd dan Kak Theresia Mia S.Pd. Peserta kemah Pertikalpataru adalah 35 Kwarcab se Jawa Tengah. Upacara Pembukaan di buka langsung oleh Ibu Atikoh Ganjar Pranowo sebagai Ketua Kwatir Daerah Jawa Tengah. Upacara berlangsung khidmat dan tertib. Semua peserta dan panitia mengenakan pakaian pramuka lengkap. Setelah Upacara selesai, diadakan pameran atau gelar karya yang menampilkan makanan khas tiap kabupaten atau kota. Stand kabupaten  Magelang yang memamerkan hasil karya mading yang berasal dari tanaman tanaman kering karya peserta didik SMA Van Lith dan slondok khas Magelang dikunjungi oleh Ibu Atikoh Ganjar Pranowo.

            Rangkaian kegiatan kemah pertikalpataru kental dengan nuansa cinta lingkungan hidup dan menjaga ekosistem alam. Pada hari ke 2 dan seterusnya , peserta di ajak untuk mengolah sampah, menanam mangrove di pantai kartini, mengunjugi Tempat Pembuangan Akhir Sampah , membuat budi daya maggot, membersihkan Pulau Panjang, pembibitan pohon , lomba debat dan membuat konten tentang ajakan untuk mencintai alam.  Dalam kegiatan kemah pertikalpataru ini, Kwarcab Magelang mendapatkan Juara 3 lomba proposal Green economy business plan putra. Hal ini disambut gembira oleh kontingen kabupaten Magelang. Semoga dengan kegiatan kemah pertikalpataru ini, kita semakin bisa mencintai alam dan merawat lingkungan hidup.

            Salam Pramuka !! (Boni)

0 0 votes
Beri Nilai Pos
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments