SMA PL VAN LITH IKUTI TEMU PEMBINA IV TKK MNPK “THE LEADER WITHIN”

Tabe Salamat Lingu Nalatai Salam Sujud Karendem Malempang. Adil Ka’talino Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata. Arusss…Arus…Arus…!!!

Kegiatan Temu Pembina IV Tim Kerja Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng, Palangkaraya, Kalimantan Tengah berlangsung secara meriah,sukses dan penuh dengan tradisi kebudayaan nusantara. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 25 Juni 2023 sampai dengan 2 Juli 2023 tersebut diikuti oleh kurang lebih 600 pembina pramuka dari perwakilan 20 Keuskupan di Indonesia. 

Pembukaan Temu Pembina IV di awali dengan deffile per kontingen, dengan menggunakan baju adat daerah dan seragam pramuka lengkap dilanjutkan dengan Upacara pembukaan yang dihadiri oleh Pejabat Forkompimda Kalimantan Tengah, Forkompimda Palangkaraya, Jajaran Kwarda Kalimantan Tengah, Kwarcab Palangkaraya, Para Uskup, dan tamu undangan. Acara secara resmi dibuka oleh Sekertaris Jendral (Sekjen) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP., M.AP ditandai dengan pemukulan Katambung. Pada malam hari dilaksanakan misa pembukaan di pimpin oleh Uskup Palangkaraya Mgr. A.M Sutrisnaatmaka MSF, Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus, dan Uskup Banjarmasin Mgr. Petrus Gondeng Timang.

Mengusung tema “The Leader Within” serta motto “ikhlas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana” kegiatan ini syarat dengan nilai-nilai kepemimpinan, kerjasama, kerja cerdas, keberanian menghadapi tantangan , kreatifitas dan persaudaraan sejati.  Temu Pembina Pramuka ini merupakan suatu kegiatan bagi anggota pramuka dewasa dimana semua kegiatan sesuai dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Temu pembina diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan mutu pembina pramuka dari Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah katolik di setiap Keuskupan se Indonesia melalui saling tukar pengalaman membina di setiap Gugus Depan. 

Penyelenggara Temu Pembina adalah TKK MNPK dan tempat penyelenggarannya berdasarkan penunjukan yang berkelanjutan setiap 5 tahun sekali. Temu Pembina pertama di selenggarakan di Bandung, Keuskupan Bandung pada tahun 2005, selanjutnya Temu pembina ke dua pada tahun 2010 di Palasari, Keuskupan Denpasar, dan Temu Pembina ke tiga diselenggarakan di Klaten, Keuskupan Agung Semarang pada tahun 2016. Pada temu pembina IV ini, SMA Pangudi Luhur Van Lith di bawah bendera BKS Kedu dan Keuskupan Agung Semarang mengirimkan 2 wakil pembina pramuka, yaitu Bonifasius Restu Pramudya dan Margareta Hastuti Windyaningsih. Keuskupan Agung Semarang sendiri mengirimkan 33 pembina pramuka dari 4 Badan Kerja Sama yaitu BKS Semarang, BKS Kedu, BKS Surakarta, BKS Yogyakarta Barat, BKS Yogyakarta Timur dari berbagai Yayasan Sekolah Katolik . 

Kontingen Keuskupan Agung Semarang di bawah pimpinan Kak Magda dari SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta sebagai koordinator TKK KAS dan Kak Yanuar sebagai pimpinan kontingen menyabet gelar sebagai kontingen tergiat. Hal ini tentu disambut dengan gembira oleh kontingen KAS yang telah menyiapkan kontingen ini dengan solid, kompak dan tak kenal lelah.  Acara penutupan di tutup dengan pentas kebudayaan di halaman SD St Don Bosco, Palangkaraya. Pentas kebudayaan Nusantara menjadi simbol persatuan antar gerakan Pramuka.  Pada hari Minggu, 2 Juli 2023 pada pukul 07.00 diadakan Misa Penutupan yang berlangsung di gereja Katedral Palangkaraya yang dipimpin oleh Uskup Palangkaraya Mgr. A.M Sutrisnaatmaka MSF.

Tabe Salamat Lingu Nalatai Salam Sujud Karendem Malempang. Adil Ka’talino Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata. Arusss…Arus…Arus…!!!

Salam Pramuka !!! (Boni & Reta)

 

Meta

472 views

Share

Pos Terkait

0 0 votes
Beri Nilai Pos
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments