Membangun Pondasi untuk Tugas di kemudian Hari

Dalam wawancara eksklusif dengan salah satu alumnus Van Lith angkatan 21, kita dapat menyaksikan perjalanan hidup yang luar biasa dari Emmanuel Ariananto Waluyo Ady yang kerap dikenal dengan sebutan Ady, seorang yang dulunya pendiam di masa SMA, hingga menjadi seorang profesional di bidang hukum yang berkarya di lingkungan pemerintahan.

Momen khusus yang memberikan dampak besar dalam perjalanan hidupnya adalah ketika mengikuti kegiatan “OASE” di SMA. Meski awalnya merasa canggung, pengalaman ini memaksa dirinya untuk menjadi lebih terbuka, membuka jati diri yang sebenarnya, dan menciptakan sosok yang menjadi dirinya saat ini. Selain itu, dipercaya sebagai ketua SEPHOS Van Lith melatihnya dalam kepemimpinan dan manajemen diri, membangun fondasi yang kuat untuk tugas-tugas di kemudian hari.

Perubahan arah tujuan hidupnya terjadi pasca ujian nasional di kelas 12, di mana kebingungan menentukan kuliah membawanya ke dunia hukum meski sebelumnya bercita-cita menjadi seniman. Hal ini membuktikan bahwa takdir seringkali membawa seseorang ke arah yang tak terduga.

Dalam mengelola tantangan di Van Lith, ia mengandalkan strategi mendengarkan dan mengenal karakter teman-temannya. Menyebutkan bahwa teman di asrama seperti saudara, dia memahami bahwa kenangan bersama tidak bisa diulang.

Figur yang paling berpengaruh dalam perjalanan Ady adalah almarhum Justinus Soenarjo Hadiwarsito, kakek dari pihak ayah. Meskipun masuk sebagai cadangan ke-11, dia merasa beruntung dapat mengejar standar kehidupan seperti kakeknya, yang meski lupa segala hal, tapi hapal betul mars Van Lith dan memberi dampak positif bagi banyak orang.

Setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, kini dia bekerja sebagai Analis Hukum di Sekretariat Kabinet RI. Pekerjaannya yang melibatkan penyampaian rekomendasi kebijakan di bidang perubahan iklim dan pelestarian lingkungan hidup memberikan kepuasan karena dia terlibat langsung dalam pengambilan keputusan dan memiliki soft skills public speaking yang tinggi.

Motivasi utamanya memilih karier di bidang hukum dan pemerintahan adalah untuk memiliki wawasan yang luas atas kebijakan hukum pemerintah yang berdampak pada masyarakat. Dia ingin bisa bermanfaat di bidang hukum dan pemerintahan, dan melihat karier ini sebagai cara untuk mencapai itu.

Bagi generasi muda yang tertarik mengejar karier di bidang hukum dan pemerintahan, ia memberikan inspirasi untuk bermimpi setinggi langit, terus berusaha, dan konsisten dalam membaca serta mengikuti berita. Sebagai saran teknis, ia menekankan pentingnya membiasakan membaca untuk meningkatkan pemahaman dan konsistensi kritis.

Perjalanan hidupnya yang penuh inspirasi dan semangat positif menjadi teladan bagi generasi muda yang ingin mengikuti jejaknya dalam mencapai kesuksesan di bidang hukum dan pemerintahan.(Vanlithsian 32: Jelita, 33: Deva)

 

Meta

81 views

Share

Pos Terkait

5 1 vote
Beri Nilai Pos
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments