Mengedukasi Kesehatan Remaja Bersama L-Men Goes to Van Lith

Hari ini, SMA Pangudi Luhur Van Lith menjadi saksi kehadiran sebuah acara yang luar biasa, “L-Men Goes to School,” pada Senin, 16 Oktober 2023 yang diikuti dengan antusias oleh semua peserta didik kelas X SMA Van Lith. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam program P5 mereka, dan menawarkan pelajaran berharga tentang edukasi nutrisi dan pola hidup sehat pada masa remaja.

Acara dimulai dengan semangat tinggi, dipandu oleh MC Filemon Unggul Sudarta dan Akwila Altar Adyaraka Riyanto. Mereka membuka acara dengan bersama-sama menyanyikan Indonesia Raya, yang dipimpin dengan penuh semangat oleh Maria Emmanuelle Jasmine, dan diawali dengan doa pembuka oleh Christopher Henry Sidharta. Tidak lupa, peserta didik menyanyikan Mars Van Lith sebelum masuk ke materi utama.

Salah satu pengisi acara, Yesaya Christian Deodatus Sucipto, S.T., M. Sc.  memperkenalkan salah satu bintang tamu istimewa, Matthew Gilbert Wibowo, yang merupakan first runner up L-Men 2021 sekaligus alumni Van Lith angkatan 25. Matthew berbagi pengalaman dan wawasan berharga tentang pentingnya kesehatan, gizi, dan pengembangan diri di masa remaja.

Christian menjelaskan bahwa energi manusia seperti “handphone” yang harus dirawat dan dipenuhi sesuai dengan kebutuhan. Ia menggarisbawahi pentingnya nutrisi selama masa pertumbuhan remaja dan bagaimana kontribusi pola hidup sehat terhadap kinerja otak dan tubuh yang optimal. Christian juga menyoroti fakta bahwa banyak remaja mengalami masalah berat badan dan tinggi badan yang tidak optimal karena kurang tidur dan olahraga.

Menurutnya, hidup sehat terdiri dari tiga pilar; cukup gizi, keseimbangan, dan variasi dalam pola makan. Ia juga menekankan pentingnya istirahat yang cukup (8-10 jam tidur per hari) dan olahraga minimal 60 menit per hari.

Christian memaparkan pengetahuannya tentang mitos seputar olahraga angkat beban dan mengingatkan bahwa penampilan fisik bukan indikator kebugaran seseorang. Dia juga memberi nasihat tentang bahaya penggunaan steroid yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Sharing sesi ini kemudian dilanjutkan oleh Matthew, yang berbicara tentang pengalamannya di SMA Pangudi Luhur Van Lith. Ia mengakui awalnya merasa kesulitan beradaptasi, namun dia belajar untuk percaya pada proses dan menikmati perjalanan pendidikannya. Matthew juga menceritakan perjalanannya dalam dunia L-Men, dari saat kegagalannya hingga akhirnya mewakili Indonesia di Mister Supranational 2022 dan menjadi juara kedua mengalahkan pesaing dari 33 negara berbeda.

Dalam kesempatan tersebut, Matthew Gilbert Wibowo mengingatkan semua peserta didik Van Lith untuk mempercayai kemampuan diri mereka sendiri, tetap berusaha, dan terus memanfaatkan peluang yang ada. Acara ini tidak hanya memberikan wawasan tentang kesehatan dan gizi, melainkan mengajarkan vanlithsian kelas X untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan penuh pencapaian. Matthew juga menyampaikan bahwa mencapai tujuan membutuhkan proses yang panjang sehingga ia menegaskan “Jangan takut untuk gagal ketika berproses”.

Acara “L-Men Goes to School” di SMA Pangudi Luhur Van Lith membuktikan bahwa mencapai hidup sehat diperlukan kunci utama yang menjadi bekal bagi kita semua yaitu, berpola hidup sehat dan menjalankannya dengan konsisten. Pola hidup sehat tersebut bukan hanya rajin berolahraga, namun juga makan dengan sehat dan seimbang juga tidur cukup. Memiliki keinginan untuk memperoleh pendidikan tidak hanya berarti belajar dari buku teks, tetapi juga mendapatkan pelajaran berharga dari perjalanan hidup yang nyata.

-Jurnalistik Van Lith

 

Meta

597 views

Share

Pos Terkait

0 0 votes
Beri Nilai Pos
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
VAF shortener
3 months ago

Wah, tadi aku cek web-nya, keren banget! Gampang dimengerti, desainnya juga oke. Bener-bener suka deh!