Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) para pegawai  KEMENDIKBUDRISTEK di SMA PL VAN LITH

Pelatihan Kepemimpinan Nasional ( PKN ) tingkat II angkatan VIII tahun 2023 yang diadakan oleh PUSDIKLAT Kemendikbudristek ( Pusat Diklat Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi ) mengadakan Visitasi di SMA Pangudi Luhur Van Lith Berasrama Muntilan pada 22 Mei 2023 . Dipilihnya SMA PL Van Lith sebagai tempat Visitasi dan menimba ilmu bagi para peserta tentu hal-hal positif yang menonjol yang ingin mereka gali. Sesuai dengan Tema yang mereka tentukan adalah “Transformasi  Bidang Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk Mendukung Pengentasan Kemiskinan.” Para peserta yang notabene para pejabat Kepala bagian,  berasal dari  berbagai Kementerian dan dari berbagai propinsi seluruh Indonesia . Misal Kementerian Sekretariat Negara diwakili oleh Dr. Adyawaman, S.IP.,M.D.M selaku Kepala Pusat pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara , Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Univ. Riau Ibu Dessy Riasari, SE.,Ak.,MM., AKBP SetyaBudu, S.h.,M.t, dari Kepolisian RI, Wiwi Diana Sari , S.Si.,MA., dari Arsip Nasional RI. , dan masih banyak peserta lain yang hampir semua mereka adalah Kepala bagian di bidangnya masing-masing . Hadir pula Kepala Pusdiklat Kemdikbudristek RI Ibu Dr. Ir. Mustangimah, M.Si sebagai Ketua tim yang sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan kehadiran  di SMA PL Van Lith .

            Bertempat di Ruang Pertemuan SMA Van Lith 50 peserta PKN  serta Staf Rektorat SMA Van Lith sebagai tuan rumah sekaligus Narasumber yang diwaili oleh Br. Agustinus Giwal Santoso FIC dan Pak Antonios Wisnu . Bu Nining selaku Waka Humas  menjadi MC (Master of Ceremony ) tentu tugas yang melekat jika ada acara sekolah yang melibatkan lembaga lain . Sebenarnya tujuan mereka adalah menggali atau “Ngangsu kawruh” tentang Kebijakan mikro dan makro yang diterapkan di SMA Van Lith . Materi yang disampaikan oleh Br. Giwal antara lain  :

  1. Profil sekolah, Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi, Visi-Misi Sekolah
  2. Strategi Kepemimpinan yang diterapkan
  3. Strategi membangun Budaya Inovasi dan Kreativitas
  4. Strategi pengembangan dan pemberdayaan SDM
  5. Strategi dan pemanfaatan teknologi
  6. Strategi meningkatkan Kinerja organisasi

Sedangkan materi yang disampaikan oleh Pak  Anton ( Waka Kesiswaan ) antara lain :

  1. Peran Institusi dalam pengentasan kemiskinan
  2. Program-program unggulan Institusi dalam rangka Pengentasan kemiskinan
  3. Bentuk kegiatan Van Lith yang sesuai tema : Kegiatan Homestay, RKKS , OPP, Baksos.

Dari paparan materi yang disampaikan tentu akan menjadi Referensi dan sumber gagasan untuk selanjutnya dimatangkan menjadi Kebijakan di daerahnya . Semoga mereka mampu menangkap energi positif Romo Van Lith dari semua yang telah dipaparkan oleh Br. Giwal dan Pak Anton. “Dari  Van Lith untuk Indonesia.”  – Nik –

 

Meta

221 views

Share

Pos Terkait

0 0 votes
Beri Nilai Pos
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments