SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Selasa, 21 November 2017  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 




PROFIL
SISTEM PENDIDIKAN SMA PANGUDI LUHUR VAN LITH

Lama Pendidikan di SMA Pangudi Luhur Van Lith adalah 3 tahun. Semua siswa diwajibkan untuk tinggal di asrama dan mentaati peraturan yang berlaku.

UNSUR PENYELENGGARA

 A.    ASRAMA

Asrama meliputi asrama putra dan asrama putri yang berfungsi sebagai piranti pemudah demi tercapainya tujuan kegiatan SMA Pangudi Luhur Van Lith secara optimal.Suasana kehidupan asrama yang dipelihara dan dikembangkan adalah semangat persaudaraan sejati yang membuat warga asrama merasa aman, senang dan kerasan.

Suasana itu akan membantu warga asrama untuk mengembangkan diri dalam segi intelektualitas, religiusitas, humanitas dan sosialitas. Pendampingan dan pelatihan yang diberikan pada warga asrama dimaksudkan agar mereka menjadi PRIBADI yang berkualitas tinggi, beriman, berwatak, dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan potensi-potensinya secara optimal dalam bidang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai hidup yang diperlukan untuk siap melanjutkan ke perguruan tinggi maupun hidup di tengah masyarakat.

Cara pendampingan di asrama antara lain sebagai berikut:

  • komunikasi/dialog antar pribadi maupun dalam forum bersama
  • instruksi/informasi/usulan secara lisan dan tertulis
  • contoh dan keterlibatan pamong dalam latihan/kegiatan bersama
  • kesempatan dan ruang untuk mengungkapkan kreatifitas
  • keterlibatan warga asrama dalam membuat ketentuan/kesepakatan dalam kegiatan dan hidup bersama
  • memotivasi untuk maju, kreatif, dan bekerja sama
  • pujian dan hadiah atas keberhasilan
  • nasihat, teguran dan sanksi yang mendidik
  • evaluasi pribadi dan evaluasi unit
  • refleksi dalam doa dan renungan
  • sapaan, hiburan, gurauan, rekreasi yang meredakan ketegangan
  • prinsip sebagai orang tua sosial bagi warga asrama
  • kegiatan-kegiatan pendampingan dan pelatihan yang padu antara sekolah dan asrama

 B.     KPSK (Koordinator Pengembangan Spiritualitas Kampus)

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk pencapaian tujuan pendidikan di SMA Pangudi Luhur Van Lith diselenggarakan salah satunya melalui pelaksanaan kurikulum pengembangan.Kurikulum pengembangan meliputi kegiatan-kegiatan harian, mingguan maupun tahunan yang mengembangkan intelektualitas, sosialitas,humanitas, religiusitas, keterampilan dan kepribadian.

KPSK (Koordinator Pengembangan Spiritualitas Kampus) merupakanunsur di dalam penyelenggaraan pendidikan SMA Pangudi Luhur Van Lith yang bertanggung jawab untuk mendesain, mengelola dan menjamin kelancaran kegiatan operasional dan administratif di bagian kurikulum pengembangan termasuk di dalamnya aktivitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi.

KPSK mempunyai team yang terdiri atas:

  1. Kepala Asrama Putera dan Puteri
  2. Pendamping BP/BK
  3. Guru Pendidikan Agama
  4. Waka Kesiswaan

 

C.     PAVALI (Paguyuban Alumni Van Lith)


Paguyuban Alumni Van Lith ini dalam sejarahnya terbentuk pada tahun 2000 oleh perwakilan alumni angkatan yang difasilitasi oleh pihak Yayasan Pangudi Luhur dan SMA Pangudi Luhur Van Lith. Wadah ini diharapkan merupakan wadah komunikasi dan jaringan antar angkatan.
Salah satu latar belakang berdirinya SMA Pangudi Luhur Van Lith adalah pentingnya menumbuhkembangkan rasul-rasul awam sesuai dengan potensi optimal yang dikembangkan masing-masing pribadi.Faktor ini kemudian dikembangkan dalam kerangka pembinaan kaum muda secara intensif di SMA Pangudi Luhur Van Lith melalui sistem asrama dan usaha pendampingan berkelanjutan setelah peserta didik menjadi alumni. Oleh karena itu sejak semula SMA Pangudi Luhur Van Lith bercita-cita memperhatikan, mendampingi dan pada akhirnya bekerja sama dengan pihak alumnus untuk pemberdayaan dan pengembangan almamater.
Kegiatan ini memperhatikan dan mendampingi lebih diutamakan bagi alumnus yang masih dalam taraf belajar dan mencari bentuk dan tempat bakti sebagai rasul awam, sedang bekerja sama dan animasi lebih bagi alumnus yang sudah menemukan bentuk dan tempat bakti mereka. Semuanya bukan demi kepentingan lembaga SMA Pangudi Luhur Van Lith semata namun demi kemajuan Gereja dan masyarakat Indonesia. 






^:^ : IP 54.80.169.119 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2017  http://vanlith-mtl.sch.id/