SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Sabtu, 23 September 2017  - 8 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



28.04.2016 14:00:08 796x dibaca.
BERITA
SUGENG TINDAK PAK NARYO ( pencipta lagu “MARS VAN LITH )

Yustinus Sunaryo Hadiwarsito, akrab dipanggil dengan Pak Naryo , Kepala Sekolah terlama di Van Lith tak kurang  16 tahun sebagai Kepala Sekolah SPG Van Lith dari 1970 - 1986. Tetapi menjadi guru di SGB sejak tahun 1955 kemudian menjadi SPG Van Lith hingga masa pensiun. Lahir di Ambarawa pada tahun 1926, 90 tahun yang lalu. Menjadi Tentara Pelajar jaman perjuangan tempoe doeloe , Mengajar sampai menjabat Kep Sek SPG Van Lith hingga sampai pensiun 1986. Anggota DPRD tingkat II selama 2 periode dari 1986 – 2002. Ketua Dewan Paroki tahun 1980 an , Ketua Panitia 100 tahun Gereja Katholik yang dipusatkan di Muntilan pada tahun 1994, Prodiakon, Ketua LKMD ( Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa ), Perwakilan Dialog masyarakat lintas agama. Dan satu mahakarya yang tak akan pupus oleh jaman adalah  lagu ciptaanya yaitu “MARS VAN LITH” yang digagas tahun 1964 .

            Nama besar, insan berjasa dan hidup sepanjang jaman, itulah semangat pak Naryo di masa hidupnya yang mampu menjadi saluran berkat di banyak bidang. Dari organisasi masyarakat, gereja, pemerintahan, pendidikan dan seni. Maka gelar kehormatan bagi para veteran diterimanya pada tahun 1981 sebagai “Pejuang kemerdekaan RI” dari Kementerian Pertahanan Keamanan / Panglima Angkatan Bersenjata RI. Penghargaan dari Dewan Harian Nasional angkatan 45 pada tahun 1990 atas peran dan pengabdian melestarikan jiwa, semangat dan nilai-nilai 45.

            Pada hari Senin, 25 April 2016 umat Katholik Muntilan khususnya, merasa kehilangan beliau untuk selamanya. Beliau menjadi tokoh umat Katholik yang sungguh hidupnya menjadi berkat bagi keluarganya dan orang lain . Dengan kerendahan hatinya, keiklasannya, keberanian dan  keramahannya Pak Naryo mampu menjadi pengayom bagi banyak anak-anak didiknya. Beliau telah tiada di sisi kita semua, namun jiwa dan semangatnya mampu menjadi penyemangat kami yang bernaung di bawah bendera Van Lith. Roh dan semangat Romo Van Lith seolah -olah mengkristal di dalam sanubari beliau dan kemudian melebur dalam keseharian hidupnya. Satu bukti yang   menjadi karya besarnya adalah lagu  “MARS Van LITH” yang menjadi kebanggan siswa-siswi Van Lith sebab lagu itu dinyanyikan selalu pada saat Upacara bendera dan moment lain yang bersifat formal. Beliau meninggalkan 9 putra -putri dan 17 cucu,  menyusul keharibaan sang istri yang telah tiada pada tahun 1998 , ibu M.J. Indrati.

            Rabu, 27 April 2016 Missa Requem Bapak Justinus Sunaryo diadakan di Kapel SMA Van Lith dipimpin oleh  3 Romo alumni SPG Van Lith yang juga muridnya . Romo M. Supriyanto Pr, dari paroki Srumbung, Romo Prapto Diharjo, SJ. Romo Supono, MSc. Dan 2 romo lagi yaitu Romo Mardi Widayat SJ. Dari paroki Muntilan dan Romo Nugroho Tri Pr, pimpinan M3 ( Museum Misi Muntilan ) . Semua siswa kelas X dan XI , para Pendamping, beberapa alumni, keluarga besar beliau, masyarakat Muntilan sampai murid-murid SPG yang telah berkarya di sekolah-sekolah menjadi saksi kepergiannya . Seusia misa arwah yang berkesan  nan agung  , dilanjutkan upacara penyerahan jenasah secara militer dari keluarga besar bapak Naryo kepada pihak Komandan pasuken militer , mengingat beliau adalah anggota Tentara perjuangan dan sekian banyak penghargaan militer . Keagungan misa lepas sambut jenasah untuk mengantar kepergiannya sungguh menggambarkan betapa beliau semasa hidupnya mampu menjadi  penyambung kasih dan  penyambung berkat dari Sang Kuasa kepada umat di sekitarnya. Sugeng tindak Pak Naryo……..Sugeng pinarak kanthi  tentrem  wonten kratoning suargo . Kawulo namung nderek dedongo  kangge katentreman sukmanipun Bapak Naryo . Nik








^:^ : IP 54.162.181.75 : 3 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2017  http://vanlith-mtl.sch.id/