SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Rabu, 23 Januari 2019  - 13 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



19.11.2018 07:49:38 170x dibaca.
BERITA
SMA VAN LITH berkiprah di RENEWABLE ENERGY CAMP

Inisiatif Bisnis Ekonomi Kerakyatan ( IbeKa) adalah Lembaga Non Goverment yang bergerak di bidang energi terbarukan . Lembaga ini didirikan oleh suami istri alumni ITB yaitu Bapak Iskandar dan Ibu Tri Mumpuni. Bekerja sama dengan kementerian ESDM ( Energi Sumber Daya Mineral ) dan Kedutaan Denmark, lembaga ini berbuat untuk bangsa dalam hal Pemberdayaan Energi untuk Masyarakat. Salah satu kegiatanya adalah Edukasi kepada generasi muda. Maka  mahasiswa menjadi sasaran utama dari lembaga ini melalui  edukasi tentang pemberdayaan energi. Perwakilan mahasiswa seluruh Indonesia dikumpulkan untuk di training  di Kampung Panaruban Subang Jawa Barat yang memang menjadi base camp IbeKa.

Tahun 2018 menjadi tahun pertama bagi IBeKa memberi peluang bagi siswa-siswi SMA untuk sasaran  edukasi dengan kegiatan Renewable Energy Camp . Ada 9 SMA yang mendapatkan kehormatan diundang dalam kegiatan ini yaitu,  3 dari Jawa Barat, 3 dari Jawa Timur dan 3 dari Jawa Tengah yaitu SMA Pangudi Luhur Van Lith, SMA N 1 Cilacap dan SMA N 1 Semarang. Acara yang dilakukan tanggal 14 – 19 September 2018 ini diawali dengan kegelapan tanpa penerangan listrik, hanya cahaya lilin yang menerangi. Lalu hari ke 2 para peserta dilatih untuk membuat PLTM ( pembangkit listrik tenaga mikrohidro) yang diambil dari aliran sungai di desa itu. Para peserta amatlah antusias, hingga mereka mampu membuktikan nyala listrik dari PLTM itu. Empat peserta Van Lith yaitu Sekar Arum, Eden Bayu, Melania Sekar dan Christophorus Bagas serta Pak Bonifasius Restu selaku pendamping dari Van Lith amat senang mengalami kegiatan yang inovatif ini.

Menjadi keprihatinan bersama bahwa, Indonesia negeri yang kaya asset sumber daya alam namun, data tahun lalu masih ada 4000 desa yang belum dialiri Listrik. Oleh karena itu beberapa mahasiswa yang telah lolos training disebar ke desa-desa tersebut untuk menjadi pioner bagi pemberdayaan energi bagi masyarakat. Maka para peserta training tahun ini diberi pengalaman tentang pemberdayaan energi ini . Mereka diajak  kunjungan ke pusat Bio Gas, PLTM , pelatihan jurnalistik  serta pendidikan politik. Sebab tak bisa dipungkiri asset energi negara ini menjadi salah satu point penting bagi proyek kinerja para pemimpin dan pejabat publik. Bagaimana mereka harus mampu mengoptimalkan energi alam untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat. Nik








^:^ : IP 54.146.206.127 : 4 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2019  http://vanlith-mtl.sch.id/