SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Sabtu, 19 Oktober 2019  - 4 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



20.05.2019 08:20:21 272x dibaca.
BERITA
Sidang Akademi Istimewa Van Lith mengasah skill dan keberanian

Sidang Akademi  merupakan kegiatan regular setiap hari Selasa untuk mengasah analisa bahasa siswa. Secara bergilir mereka membuat naskah misalnya pidato, sambutan, reporter, cerita inspiratif dll , kemudian tampil dan mempresentasikan apa yang menjadi gagasannya. Dengan dibantu oleh moderator, time keeper, pembahas siswa dan pendamping / guru , mereka akan diasah kemampuan berpikir dan berbicaranya. Untuk Sidang Akademi kelas XII menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sedangkan SA kelas XI menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar . Sidang Akademi Istimewa( SAI ) merupakan kegiatan puncak setiap semester. SAI semester ganjil  diperuntukan bagi kelas XII dengan uji kebolehan bahasa Inggrisnya. Sedangkan SAI semester genap bagi kelas X dan XI  mengguanakn bahasa Indonesia. SAI semester genap kali ini diadakan pada Selasa, 14 Mei 2019 dengan mengusung tema “Revolusi sosial ke-4 : Masyarakat Informasi di Indonesia.”

Dengan mosi yang sama , mereka dibagi dalam 2 tim yaitu tim Pro dan tim kontra. Masing-masing tim terdiri dari 3 siswa menyampaikan mosinya di hadapan segenap audiens dan para undangan yaitu siswa-siswi SMP sekitar Muntilan. Perdebatan dan argumentasi yang begitu kreatif dan seru membuat para dewan Juri agak kesulitan menentukan pemenangnya.  Tim Pro menyampaikan bahwa  teknologi Internet  mampu memperkokoh persatuan bangsa dengan semua berita yang mengarah pada Nasionalis, sedangkan Tim kontra memaparkan kemajuan internet dan media sosial yang menggurita mempercepat disintegrasi bangsa semisal dengan Hoak dan semacamnya yang mampu mengaduk-aduk emosi pengguna. Panitia SAI yang dikomandani oleh pendamping sosiologi  bpk. Theodorus Hadi Saputra S.Sos ( Alumni Van Lith ankt 17 )  telah mempersiapkan jauh-jauh hari. Mengundang dewan juri utama, seorang alumni SMA Van Lith  angk 17 ( lulus tahun 2010 ) yaitu  Eliza Dayinta Harumanti S.H. yang tengah menggeluti bisnis Start-up yang banyak  berkembang di kalangan Millenial.

Diselingi beberapa tampilan dari kelas X , dialog tentang cerita rakyat dari Sumatra Barat Malin Kundang dan  Ibunya . Juga beberapa tampilan seni lainnya, terasa menyemangati para Vanlithsian yang merasakan udara panas di aula sebab acara dimulai pk. 14.00 hingga 17.00. Mengajarkan mereka untuk bertahan, meskipun  dalam udara cukup panas dengan harus mendengarkan paparan  di suatu acara formal yang memakan waktu cukup lama . namun itulah salah satu bentuk pembekalan dan pembiasaan kepada generasi muda Vanlithsian  sehingga kelak mereka mampu meneruskan semangat Romo van Lith di seantero Indonesia.  Nik








^:^ : IP 34.236.216.93 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2019  http://vanlith-mtl.sch.id/