SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Rabu, 23 Januari 2019  - 8 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



11.12.2018 10:08:59 202x dibaca.
BERITA
SERBA SERBI VAN LITH di AKHIR TAHUN 2018

ACADEMIC PLENARY MEETING 2018

Menjadi agenda setiap akhir tahun di SMA Pangudi Luhur Van Lith dengan mengadakan kegiatan “Special Academyc Plenary Meeting” ( Sidang Akademi Istimewa / SAI ) pada Selasa 13 November 2018 lalu. Sidang Akademik lebih mudah membayangkan adalah Public Speaking, sebenarnya  kegiatan mingguan setiap hari Selasa dimana setiap siswa diasah 4 hal yaitu mendengarkan, membaca, membuat makalah dan menyampaikan gagasan  di depan forum kelas. Kelas X lebih diasah kompetensi percaya diri dan keberanian dengan tampil single berdurasi kurang lebih 7 menit setiap anak. Kelas XI lebih pada dialogis dengan tema seminar, diskusi, talk show dll . Sedangkan kelas XII menggunakan  pengantar Bahasa Inggris dengan tema yang telah ditentukan oleh pendamping. Maka pada akhir semester 1, SAI ini diambil kelas XII sebagai penampil. Sedangkan kelas X dan XI serta beberapa undangan dari SMA sekitarnya sebagai audience. SAI kali ini  mengambil mossi “This House Believe That Indonesian Government Should Employ Foreign Employess” . Siswa-siswi kelas XII yang memiliki potensi berbahasa Inggris dilibatkan dalam acara ini. Para debaters mengambil opsi setuju dan tidak setuju , masing-masing 4 orang. Peran yang tampil antara lain Debaters, Moderator, Note speaker, Time keeper dan Judges, serta diselingi dengan Story telling . Mossi yang dipilih memang agak berat, namun menjadi tantangan besar bagi para penampil untuk memberikan yang terbaik .

 

Wawasan Kebangsaan Istimewa : PLURAL is ME    

Wawasan Kebaangsaan dan Kristianitas ( WKK ) merupakan kegiatan mingguan setiap hari Rabu. Seperti Sidang Akademik,  kegiatan WKK ini bertajuk tentang Indonesia dari segala sudut pandangnya, misalnya Asset negara, Budaya, Suku dan Agama, Hukum dan Politik, Tata Negara hingga Teknologi dan Science. Oleh karena itu SMA Van Lith bekerja sama dengan Lembaga Akademisi yang berkompeten yaitu Univ. Atmajaya Yogyakarta dan juga IPPAK Yogyakarta untuk menjadi fasilitator bagi para siswa. Sebagai puncak acara diadakanlah  WKK istimewa pada hari  Rabu, 14 November 2018  dengan mengambil Tema besar : PLURAL is ME dan Sub Tema mengerucut pada Realitas Keberagaman untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif Sebagai Suatu Harmoni. Pada kegiatan ini  lebih mengedepankan Nara Sumber sebagai pembicara utama, beliau adalah Christovorus Kurniawan Wawo, dari  Komunitas Sant’Egidio ( KSE) Yogyakarta, dan  Ibnu Ghulam Tufail, dari  “Youth Interfaith Peacemaker Community” ( YIPC ) Yogyakarta. Para siswa selaku audience tentu berbeda-beda ketertarikannya. Mereka yang menyenangi materi ini mengajukan beberapa pertanyaan tentang Indonesia dari sudut pandang Kemajemukan. Semoga apa yang sudah diupayakan oleh sekolah mampu memberikan bekal yang cukup untuk anak-anak yang akan menjadi generasi penerus Indonesia.  

 

SELAMAT HARI GURU

Kejutan di Hari Guru yang ke 3 kalinya. Berawal pada Hari Guru 26 November 2016 yang disponsori oleh Van Lith angkatan 24, mereka mengadakan kejutan di Hari Guru. Para Guru ( pendamping ) diminta berkumpul di Aula seusai sekolah . Seperti itulah di hari Guru tahun ini, yang dirayakan pada hari Selasa 27 November 2018, karena Senin bertepatan dengan kehadiran para tamu dari Lembaga Pendidikan Fransiskus Jakarta. Seluruh siswa telah berkumpul di aula, kemudian para guru maju satu per satu dengan iringan euforia gaya para siswa. Tak tanggung-tanggung beberapa siswa-siswi telah mempersiapkan tulisan-tulisan “Selamat hari Guru” dari kardus bekas dengan iringan  lagu Guruku Tercinta kami semua larut dalam kegembiraan. Taburan ucapan Kasih dalam bentuk bunga mawar, tumpeng dan akhirnya makan bersama. Tentu tak lupa beberapa guru senior dan yunior juga menceritakan pengalamanya menjadi Guru di SMA PL Van Lith. Bahkan 2 orang guru yunior yaitu Pak Boni , laboran di Van Lith namun lulusan Sarjana Teknologi pangan Unika, dan Pak Theodorus , guru sosiologi sekaligus alumni Van Lith angk 17 punya cerita yang sedikit menyentuh. Sebelum bergabung di SMA Van Lith, keduanya bekerja di Perusahaan dengan gaji yang lebih tinggi, dan tentu dengan target pekerjaan yang tinggi pula. Namun setelah mereka terjebak di lembaga pendidikan, menurutnya ada kepuasan sendiri terlibat dalam pelayanan kepada siswa-siswi dalam hal pendidikan .  Semoga menjadi guru adalah sarana untuk mencapai kedamaian hati dan kebahagiaan abadi.

KUNJUNGAN PERSAUDARAAN LEMBAGA  St. FRANSISKUS JAKARTA

Senin, 26 November 2018 bertepatan dengan Hari Guru Nasional SMA Pangudi Luhur Van Lith menerima kunjungan persaudaraan para staf dari lembaga pendidikan Santo Fransiskus yang dipimpin oleh Pater Mateus Batubara OFM. Berjumlah 84 orang, mereka terdiri dari para Guru dan karyawan dari 7 sekolah yang bernaung di lembaga itu. Tk, SD, SMP, SMA Fransiskus 1 dan 2, SMK Fransiskus 1 dan 2. Perjalanan dari Jakarta, menginap di Yogyakarta dilanjutkan ke Van Lith. Pada intinya Pater Mateus dan crew nya bertujuan mengenal tentang bagaimana mengelola pendidikan di SMA Van Lith berasrama. Memang  kualitas para peserta didik ditentukan oleh banyak factor. Seleksi anak didik, management sekolah, kredibilitas guru dan pamong asrama, sarana prasarana, kegiatan pendukung , daya dukung dari orang tua siswa dll. Br. Giwal selaku kepala sekolah menjelaskan tentang sekilas central management di Yayasan Pangudi Luhur,Sr. Bibiana CB. , menjelaskan tentang sistem Asrama Van Lith,  dan Pak Anton selaku Waka Kesiswaan menjelaskan tentang kegiatan kesiswaan . Kunjungan kali ini ditutup dengan makan siang bersama dan foto bersama. Semoga bendera Pangudi luhur dan Roh semangat Romo Van Lith menumbuhkan jiwa pelayanan kami. Nik








^:^ : IP 54.146.206.127 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2019  http://vanlith-mtl.sch.id/