SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Kamis, 27 Juni 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



20.05.2019 08:21:10 104x dibaca.
BERITA
Seminar Kebangsaan dan Nasionalisme di SMA Van Lith bersama Pak Walikota Solo

Seperti SAI ( Sidang Akademi Istimewa) , kegiatan WKK atau Wawasan  Kebangsaan Kristianitas didakan setiap hari Rabu dari kelas X, XI dan XII . SMA PL Van Lith mengacu pada 2 kurikulum yaitu Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pengembangan atau yang lebih dikenal dengan PESPIKA ( Pengembangan Spiritualitas Kampus) yang dikomandani oleh Romo  Yosef Nugroho Try S. Pr. SAI dan WKK merupakan salah salah satu bentuk kegiatan Pespika. WKK istimewa menjadi puncaknya WKK di akhir semester dengan mengundang Nara Sumber yang menjadi Public Figur  atau mereka yang berkompeten  . Kali ini  SMA PL Van Lith mengundang Nara sumber untuk menjadi pembicara pada WKK istimewa Rabu 14 Mei 2019. Beliau adalah  Walikota Solo ( Surakarta )  Bpk. F.X Hadi Rudyatmo nara sumber utama, dan selaku moderator Bapak Yulius Setiarto S.H., M.H. , seorang Advokat ( pengacara ) dan aktifis di bidang Hukum. Mengambil tema “Generasi Muda Hebat, Indonesia Kuat dan Bermartabat”  panitia WKK Istimewa yang dikomandani oleh Bpk. Cahya Anggara pendamping Ppkn SMA Van Lith telah mempersiapkan dengan matang. Tidak hanya Para siswa-siswi Van Lith yang menjadi peserta seminar, beberapa SMP PL di Jawa Tengah dan DIY serta beberapa SMP Katholik terdekat turut diundang . Mereka yang mengirim para siswa dan Guru pendamping antara lain SMP PL DomSav, SMP PL Klaten, SMP PL Bintang Laut, SMP PL Kalibawang Kulonprogo, SMP PL Moyudan Sleman , SMP PL Mandungan Muntilan, SMP Marsudirini “Marganingsih “ Muntilan, SMP Kanisius Turi Sleman. Dua orang perwakilan Pavali ( Paguyuban Alumni Van Lith ) Nasional turut hadir yaitu mas Iwan dan Leo .

Di awali dengan berbagai penampilan dari siswa dan sambutan dari Kepala Sekolah SMA Van Lith,  Br. Agustinus Giwal, FIC., MM. , yang menyatakan bahwa “ Seminar ini merupakan pembekalan dan pembekalan ini dimaksudkan setelah lulus  dari Van Lith, mereka siap menjadi misionaris  awam dan memberikan terang bagi sesame” . Mengawali  pembicaraan, Pak Walikota Solo ini  memberikan pernyataan kepada ratusan peserta “ berupaya lah untuk melakukan apa yang kau berikan pada bangsa dan negaramu, bukan selalu menuntut apa yang kau dapatkan dari bangsa dan negara.”  Mengingatkan kemablai kalimat bijak dari Mgr. Soegiopranoto menjadi 100 % Indonesia dan 100 % katholik, salah satu pijakan dan penyemangat anak muda katolik yang hadir . Maka demi semangat perjuangan dan menjadi bagian bangsa Indonesia dalam konteks wawasan kebangsaan kita harus mau mendengar, melihat dan bertindak.  

“ Tiga hal ini yang harus dilakukan oleh pemimpin bangsa, sebelum mengambil keputusan. Mendengar, melihat dan kemudian bertindak. Kita belajar dari Presiden Jokowi yang aktif blusukan dalam rangka melihat sebelum berbuat/bertindak,” ucap Pak Rudy. Salah satu yang menegaskan beliau menjadi insang yang 100 % Katholik dan 100 % Indonesia adalah pernyataan yang  diucapkan oleh Pak Rudy  “ Pekerjaan utama saya adalah  sebagai prodiakon dan walikota adalah  sampingan.”   Para hadirin pun tertawa mendengarnya. Sebagai prodiakon yang senior dan sekaligus pejabat negara yang handal telah mampu mengalahkan  ujian dan tantangan dunia yang menggiurkan . Entah itu gratifikasi dan sejenisnya. Menyampaikan  kebanggaannya menjadi prodiakon dan sekaligus menjadi warga negara Indonesia beliau mengatakan “dalam perjuangan demi bangsa sudah saya alami  selama 46 tahun dan sudah 17 kali mengikuti pemilu, maka untuk menjadi orang sukses harus mau mendengar, melihat dan lalu bertindak demi kebaikan sesama“ Para siswa amat antusias mengikuti seminar kali ini, terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari mereka, baik siswa Van lith maupun para undangan yang masih SMP. Di akhir Seminar seluruh penanya diberikan souvenir oleh panitia sebagai bentuk apresiasi kepada mereka. Semoga WKK Istimewa kali ini mampu mengembangkan sikap positif para siswa. Nik + Tryas








^:^ : IP 54.145.38.157 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2019  http://vanlith-mtl.sch.id/