SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Senin, 24 September 2018  - 5 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



17.04.2018 12:28:52 490x dibaca.
BERITA
REKOLEKSI MILITANSI dan NAPAK TILAS Romo Van Lith

Bersamaan dengan pelaksanaan UNBK ( Ujian Nasional Berbasis  Komputer ) kelas XII, bagi kelas X SMA Van Lith menjalani kegiatan PESPIKA ( Pengembangan Spiritualitas Kampus ) yaitu Rekoleksi Militansi selama 4 hari, Senin – Kamis 9 s/d 12 April 2018. Sedangkan kelas XI mengerjakan Karya Tulis Ilmiah. Rekoleksi Militansi dipandu oleh para Pamong asrama putra (aspa) yaitu Romo Nugroho Tri  Pr, Br.Agus Suparno, Br. Kris Sangsung, Br. Eko , dan Mas Tinus. Sedangkan dari asrama putri (aspi) Sr. Giovani, CB, Sr. Bibiana, Sr.Marianne dan Mbak Linda . Selama Rekoleksi mereka dibekali dengan dengan sikap-sikap militan sebagai rasul awam yang harus terlibat langsung dalam kehidupan menggereja , masyarakat dan bernegara. Biografi Romo Van Lith , film Betlehem van Java menjadi salah satu  materi penting dalam rekoleksi . Semua dimaksudkan untuk menggali semangatnya Romo Van Lith , dengan nama lengkap Franciscus Georgius Josephus Van Lith, SJ. Rekoleksi Militansi ditutup dengan Ekaristi Syukur dan Tabur bunga di makam Romo Van Lith. Ekaristi dilaksanakan pada hari Kamis, 12 April 2018 pk. 15.30 , di  Kerkhof  Romo Sanjoyo dengan selebran utama  Romo Paroki St. Antonius Muntilan yaitu Romo Athanasius Kristiyanto SJ.

            Esok harinya , Jumat 13 April 2018 pk. 05.00 pagi para peserta kelas X sudah bersiap-siap memulai Npak Tilas. Pak Ign. Antang Hartoko selaku sie acara bersama dengan Br. Agus  (pamong aspa X) mempersiapkan peserta dan mengatur keberangkatan setiap kelompok . Sebanyak 200 peserta kelas X ini , mereka terbagi menjadi 20 kelompok sehingga penting adanya koordinasi pemberangkatan dengan petugas Pos di beberapa titik yang telah ditentukan . Pak Baluk, Mas Widodo dan Mas Ganda menjadi petugas di Pos I sehingga mereka bertiga berangkat sebelum pk. 05.00 pagi. Route yang mereka lalui seperti perjalanan Romo Van Lith saat beliau menjalankan misi gereja ke Peg. Menoreh, yaitu kampus Van Lith – desa Keji – Srowol - Mendut – dan Gereja Borobudur. Di Gereja Borobudur istirahat serta menikmati snak dan minum.  Kami diterima oleh Romo Fitri Pr. Selaku Romo Paroki Mertoyudan . 

Perjalanan yang paling menguji adrenalin dengan route gereja Borobudur – Majak Singi- Kerug batur – Gereja Kerug . Tanjakan Majak Singi yang tanpa ampun menanjak dan membelok. Di gereja Kerug kami diterima oleh umat dengan sangat terbuka,  istirahat dan makan siang  menjadi pengobat kelelahan sejenak. Perjalanan belumlah usai, pk.12.30 para peserta melanjutkan perjalanan menuju Goa Maria Sendang Sono. Kali ini perjalanan seperti didorong sebab area jalan menurun dan sesekali saja ada sedikit tanjakan . Tak terasa 1 jam perjalanan tibalah di Sendang Sono. Para peserta bergegas berganti kostum seragam identitas Van Lith dengan sepatu vantofel hitam. Mereka menyiapkan diri di depan Relief Romo Van Lith untuk mendapatkan peneguhan dari Romo Nugroho Tri, dan Br. Ag. Giwal Santoso,  kemudian prosesi Penyematan PIN Vanlithsian di krah baju mereka. Sr. Giovani menyematkan PIN kepada  siswa putri, Br. Agus Suparno menyematkan PIN kepada  siswa putra. Tidak semua siswa menerima PIN, ada 43 siswa-siswi yang belum layak menerima PIN dikarenakan aspek sikap, akademis ataupun pelanggaran yang telah dilakukan dengan adanya SP ( Surat Peringatan ) .Mereka harus membenahi hidupnya kemudian akan menerimakan PIN saat tahun ajaran baru nanti apabila memang layak menerima. Tangisan haru, kecewa, sedih, gembira menjadi satu, terutama  anak-anak putri . Mereka saling berangkulan dan saling memberi dukungan kepada peserta yang belum terima PIN . Usailah sudah Napak Tilas kali ini dengan cuaca yang membantu karena saat proses Jalan hingga prosesi penyematan PIN suasananya terang benderang tanpa hujan. Dan ……Bress….. hujan seperti dicurahkan dari langit saat mereka sampai di Asrama dengan diantar 15 mobil angkutan umum . Romo Van Lith, sungguh terasa  melindungi para siswa-siswi  selama mereka berproses . Nik








^:^ : IP 54.196.13.210 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2018  http://vanlith-mtl.sch.id/