SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Selasa, 21 November 2017  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



06.06.2016 12:29:39 732x dibaca.
BERITA
PUNCAK ACARA LUSTRUM V SMA PANGUDI LUHUR VAN LITH MUNTILAN

          Sebuah impian biasanya ditandai dengan semangat dan aksi yang besar pula. Begitulah yang diimpikan oleh komunitas SMA PL Van Lith untuk sekolah yang lebih baik. Segenap panitia yang terdiri dari Pendamping ( sebutan untuk guru ) dan para siswa-siswi kelas XI mengemas dalam kepanitiaan Lustrum V SMA PL Van Lith yang dikomandani oleh Bp. R. Baluk Nugroho,  S.Pd. , Pendamping mapel Geografi . Sederet acara yang telah diagendakan jauh sebelumnya diawali dengan kegiatan “Srawung Bocah” mengadopsi kegiatan PIA akbar  . Srawung bocah telah terlaksana pada Minggu, 24 April 2016 lalu menghadirkan kurang lebih 1000 anak dari usia Paud hingga kelas 6 SD .  Mereka datang berserta pembimbing PIA di lingkungannya masing-masing. Acara tersebut dikoordinir oleh Joao siswa kelas XI IPA  dengan variasi hiburan dan edukasi untuk anak-anak .

            Diantara kepadatan akademis , panitia siswa dan Pendamping mempersiapkan acara HVL ( Hari Van Lith ke 25 ) yang dialokasikan   selama 3 hari yaitu Sabtu 14 Mei, Minggu 15 Mei dan Selasa 17 Mei 2016. Kegiatan HVL ini dikoordinir oleh Adela siswi kelas XI IPA . Sabtu, 14 Mei 2016 acara dibuka dengan drumband TK PL Muntilan pada pk. 14.00 , disambung dengan pementasan seni budaya yang bernuansa tradisional antara lain Jathilan, tari-tarian daerah, keroncong SMK PL Muntilan dll. Minggu 15 Mei 2016, para  dokter muda dan para apoteker muda yang adalah alumni SMA PL Van Lith mengadakan acara pemeriksaan gratis dan pasar murah bagi warga sekitar Muntilan . Amat mengharukan ternyata para alumni rela meninggalkan kepadatan pekerjaan mereka demi menyambung tali persaudaraan dengan almamaternya. Sore hari acara dilanjutkan dengan pementasan kegiatan ekskul Van Lith seperti Band, Aquistik, Vocal yang dikenal dengan Kartika Bangsa atau KarBang Van Lith , Orkestra, Dance, Chear leader, dan puncaknya adalah mahakarya yang merupakan kolaborasi antara ekskul seni tari, kerawitan,  teater, Karbang, Band dan Orkestra. Meski diguyur hujan acara puncak Mahakarya yang ditunggu-tunggu oleh segenap warga Van Lith menjadi tampilan yang membanggakan karena merupakan muara kegiatan ekstra kurikuler SMA Van Lith. Br. Bruder Giwalselaku kepala sekolah , para pamong, Pendamping dan karyawan semua berpadu dalam keremangan malam pentas seni. Terlebih juga disemarakan oleh para penampil dari SMA lain seperti De Britom, StelaDuce, SMA Seminari Mertoyudan, SMK PLK Muntilan, SMA PL Sedayu dan beberapa komunitas seni lainya. Malam semakin semarak dengan penyalaan kembang api diantara keramaian penonton . Seru, seru dan seru habis ….!

            Selasa 17 Mei 2016 adalah Gong nya acara HVL 2016 kali ini. Diawali Jalan Sehat seluruh warga Van Lith mengitari Muntilan . Pk. 10.00 para siswa/i dan beberapa pendamping hanyut dalam dentuman music dan goyangan ala DJ . Mereka mengemas dalam acara Colouring Spectrum eternity alias pesta warna dengan taburan  tepung yang berwarna-warni . Hal ini mengadopsi salah satu budaya Hindu yang masih kental di India. Kemudian Gong dibunyikan dengan Ceremoni Ekaristi pada pk. 16.30 sore oleh para celebrant yaitu Rm. FX Sukendar W,Pr. , Rm. Y mardi Widayat ,SJ., Rm. Nugroho Tri Sumartono, Pr., Rm Hiasintus, Pr dan Rm. Alb. Tri Kusuma, Pr. Dua Romo yaitu Hiasintus dan Tri Kusuma merupakan alumni SMA PL Van Lith . Romo Sintus bertugas di Paroki St. Maria Tanpa Noda , Melawi, Keuskupan Sintang Kalimantan Barat , Sedangkan Romo Tri Kusuma bertugas di salah satu Paroki di Pekalongan . Usai ekaristi tentu acara yang amat fleksibel yaitu ramah tamah dan makan malam . Segenap panitia telah menyiapkan sedemikian rupa serangkain acara diantara kepadatan kegiatan akademis. Dari kegiatan-demi kegiatan inilah kami semua baik siswa, para pamong, guru dan karyawan semakin diasah tanggung jawab dan etos kerjanya untuk mewariskan semangat kepada generasi berikutnya. Amat melelahkan namun menumbungkan semangat, mengembangkan persaudaraan dan millitansi Vantlitsian. Vanlitsian  never die  !  - Nik








^:^ : IP 54.80.169.119 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2017  http://vanlith-mtl.sch.id/