SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Sabtu, 23 September 2017  - 8 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



07.06.2016 12:31:19 724x dibaca.
BERITA
MISSIO CANONICA SMA VAN LITH “ Ini aku utuslah aku”

         Waktu terasa amat cepat saat telah mencapai ujung perjalanan . Seperti itulah ungkapan hati sebagian besar siswa/i  kelas XII SMA PL Van Lith Muntilan.  Sabtu, 20 Mei 2016  diadakan acara pelepasan kelas XII yang lebih umum dikenal dengan sebutan Wisuda. Sejak tahun 2014 kegiatan itu diganti dengan istilah “Missio Canonica” dalam Bahasa kita artinya Misi Perutusan . Mengusung tema “Ini aku, utuslah aku ! ” dari Perjanjian lama Yesaya 6:8  , acara  dimulai  pk. 09.00 dengan Ceremoni Ekaristi oleh Celebran utama Romo Yosef Nugroho Tri, Pr. ( Pimpinan M3 atau Museum Misi Muntilan ) . Semua Ceremonarius dari kelas XII  diwajibkan mengenakan pakaian adat daerahnya masing-masing. Ekaristi kali ini dihadiri oleh semua siswa-siswi  kelas XII beserta orang tuanya , Pamong asrama, Kepala Sekolah dan semua guru karyawan Van Lith, dimana mereka berbusana menyesuaikan dengan siswa/i. Para bapak berbusana beskap sedangkan para ibu berkebaya , untuk suster dan bruder mengenakan pakaian keagungan mereka masing-masing. Nampak kesan eksklusif  yang amatlah berbeda dari biasanya. Dari busana adat Jawa, Bali, Madura, Papua, Batak, Kalimantan, Sunda, Minangkabau , China , semua mewarnai celebrasi istimewa ini. Nampak   gambaran wajah Indonesia mini yang bernuansa Bhinneka  Tunggal Ika .

          

Satu bulan sebelumnya panita Missio Canonica yang dikomandani oleh Bapak Satrio Nugroho S.Pd Pendamping Mapel Bahasa Indonesia Van Lith ini telah mempersiapkan ubo rampenya dari pemesanan Samir, stopmap, banner, dan trophi bagi para siswa-siswi  yang berprestasi secara akademis.

            Seusai komuni, 164 siswa -siswi maju ke altar satu persatu untuk menerima pengalungan Samir oleh Br. Agustinus Giwal Santoso, FIC, selaku  Kep. Sek SMA Van Lith, disambung dengan berkat peneguhan dan perutusan oleh Romo Nugrohon Tri. Dengan urutan penciuman bendera Van Lith, pengalungan Samir oleh Br. Kepala Sekolah, berkat peneguhan oleh Romo Nugroho , penciuman bendera merah putih lalu mereka akan menerima stopmap yang berisi raport smt 6 dan sertifikat Karya Tulis. Setelah menerima berkas dalam stopmap  dari Wali kelas barulah mereka menuju tempat duduknya kembali.

            Menginjak acara paling pungkasan yaitu ramah tamah dan makan siang di aula yang telah disiapkan oleh para panitia dengan istimewa. Dan tak lupa tentunya foto-foto bersama dan berselfi ria.  Profisiat untuk kalian yang akan melanjutkan studi lanjut di Perguruan Tinggi . Semoga Roh dan semangat perjuangan Romo  Van Lith tetap menyala dalam sanubarimu. ( nik )








^:^ : IP 54.162.181.75 : 3 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2017  http://vanlith-mtl.sch.id/