SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Rabu, 23 Januari 2019  - 11 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



21.09.2018 07:56:40 259x dibaca.
BERITA
MERAWAT KEBHINEKAAN melalui LIVE IN di Pondok Pesantren, Ashram Hindu dan Vihara Budha

Komisi Kerasulan Kitab Suci KAS ( Keuskupan Agung Semarang ) merumuskan  Tema BKSN 2018  “Mewartakan Kabar Gembira dalam Kemajemukan.” Atau yang lebih populer dengan kata Pluralisme/ kemajemukan.  Dengan dasar itulah Osis SMA Van Lith atau  Osvali mulai tahun ini  menggagas dengan kegiatan nyata melalui LIVE IN . Bukan sekedar memperdalam kitab sucinya sendiri di  Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru saja , namun mulai mengenalkan  lintas agama lain .

Live In dilakukan di tempat ibadah umat agama non Katholik. Ada 3 tempat yang dipilih  yaitu  di Naraya Smrti Ashram Hindu Maguwo Yogyakarta ,Pondok Pesantren Pabelan Muntilan , Kab. Magelang , dan Vihara Budha ( Wisma Bikkhu Jaya ) di Temanggung.  SMA Van Lith mengirimkan 3 anak di setiap tempat ibadah tersebut. Kegiatan ini berlangsung 2 hari, dari hari   Senin – Selasa  ( 10 - 11 September 2018 ) . Tentu ada beberapa pendamping turut mengiringi mereka dalam berbagi rasa, dan lebih tepatnya sekolah membekali siswanya dalam  merawat kebhinekaan Indonesia dalam kemajemukan . Misalnya di ViharaWisma Bikkhu Jaya Temanggung, yang terletak di desa Sumowono di kaki gunung Sumbing . Tempat yang sepi, untuk menemukan keheningan dan menyatu dengan alam yang masih bersih . Vihara tersebut di pimpin oleh Bante Cittasanto. Bante adalah pemuka agama Budha . Selama Live in mereka mempelajari banyak hal misalnya,  ajaran kasih Budha, cara meditasi, Kitab Tripitaka dan kegiatan peribadatan umat Budha.

Demikian juga yang di Ashram Hindu dan Pondok Pesantren Islam , mereka mendapatkan  banyak  pelajaran  berharga. Dari mengenal tata peribadatan , Kitab suci nya, serta ajaran ajaran prinsip agama lain . Semoga bekal dan pengalaman  yang diberikan oleh Sekolah kepada para siswa-siswinya mampu membentuk mereka menjadi putra –putri  yang 100 % Indonesia dan 100 % Katholik . Kelak jika mereka telah berbaur di masyarakat, diharapkan mampu menghargai nilai-nilai luhur kebaikan serta, memperjuangkan kebhinekaan dan bukan menganut  fanatisme yang ekstrim. Nik








^:^ : IP 54.146.206.127 : 3 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2019  http://vanlith-mtl.sch.id/