SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Sabtu, 19 Oktober 2019  - 13 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



20.05.2019 08:21:50 314x dibaca.
BERITA
HVL SMA PL VAN LITH “Hadir untuk Berarti”

Panitia Hari Van Lith ( HVL )  yang pada tahun 2019 ini di komandani oleh Pak Antonios. Wisnu Spd. , dan Pak Ign. Antang Hartoko S.Pd. , mengusung Tema  “Hadir untuk Berarti” .  Puncak HVL jatuh pada tanggal 17 Mei, mengambil tanggal kelahiran Romo Van Lith  17 Mei 1863 dan wafat 9 Januari 1926. Romo Van Lith memiliki nama lengkap Franciscus Georgius Josephus Van Lith menjadi misionaris Belanda yang menyumbangkan andil besar dalam perkembangan agama Katholik di Indonesia khusunya Jawa . Sejak 2 bulan lalu panitia HVL baik panitia dari dewan guru maupun panitia siswa sudah bekerja mempersiapkan serangkaian kegiatan. Ada 2 kegiatan, yaitu kompetisi  ( Basket, Cipta dan Baca Puisi, Pidato dan Monolog ) dan kegiatan sosial. Untuk Kompetisi sasaran peserta lomba nya adalah SMP PL ( Semarang, Muntilan, Sleman, Yogya dan sekitarnya, Klaten, Solo  )  dan SMP non PL sekitarnya .Minggu 5 Mei 2019 dan Minggu 12 Mei 2019 dilaksanakan  seluruh rangkain lomba . Sedangkan untuk kegiatan sosial diadakan pada Sabtu 11 Mei 2019 , mereka menamakan “Serdadu”. Donasi para alumni Van Lith ( Pavali ) Nasional menjadi sarana bagi kegiatan ini. Para siswa kelas X dan XI dikkordinir untuk menyapa dan mengunjungi  warga sekitar sekolah . Para siswa itu membagikan sembako dan kebutuhan lain tepat menjelang lebaran ini.

                Usai kegiatan berkunjung, para pendamping dan para siswa harus mempersiapkan kegiatan yang telah digodhog sebelumnya dan telah berjalan 3 tahun ini, yaitu Bukber alias Buka bersama . Sekolah mengundang warga sekitar yang muslim untuk mengadakan Doa dan Buka bersama di SMA PL Van Lith. Bruder Agustinus Giwal Santoso dan para pendamping turut menyambut mereka umat muslim yang diundang.  Selain Bukber dengan mengundang warga muslim sekita Van Lith, juga mereka yang tergabung dalam OSIS mengajarkan sikap toleransi dan berbagi kepada para siswa lain yaitu mereka  mewakili sekolah untuk menyapa dan mengunjungi Pondok Pesantren “Darul Iman” di dekat Van Lith. Para siswa itu berbagi untuk keperluan Bukber di pondok itu. Meskipun para siswa merasa canggung , namun setelah berbaur mereka mampu beradaptasi terhadap orang lain yang berbeda bahkan menyambung tali persaudaraan .

Jumat, 17 Mei 2019 menjadi puncak acara HVL 2019. Diawali dengan Ekaristu syukur dipimpin oleh Romo Yosef Nugroho Tri Sumarno Pr . Beliau didampingi oleh Romo Paroki St. Antonios Muntilan Romo Agung Widyatmoko SJ. Dalam Homilinya Romo Nugroho menegaskan bahwa Visi Romo Van Lith untuk menjadikan kader muda didikannya memiliki jiwa pelayanan di seantero Indonesia. Dan itu telah terwujud melalui para alumni didikan Romo Van Lith sejak Normal School dan Kwechschool , SGB dan SGA Kolose Xaverius hingga saat dilimpahkan ke Para Bruder FIC pada tahun 1952 sampai saat ini menjadi SMA PL Van Lith yang sebelumnya SPG Van Lith. Bertepatan dengan hari Van Lith tahun ini diresmikan juga monument patung Br. Aristides Hutjens FIC., dan Bpk Yustinus Soenaryo Hadi Warsito . Br. Aristides Hutjens FIC adalah  Bruder FIC yang mengukuhkan nama sekolah guru Xaverius menjadi SPG Van Lith pada tahun 1966 sekaligus sebagai kepala sekolah kala itu. Sedangkan Bpk Yustinus Soenaryo adalah Kepala sekolah SPG Van Lith sejak 1955 – 1986, dan pencipta Lagu Mars Van Lith yang dikumandangkan hingga saat ini. Lagu yang menjadi pemersatu para Vanlithsian yang telah tersebar seantero Indonesia.

 

Hadir pula dalam Ekaristi syukur kali ini Bruder Martinus Handoko FIC., pimpinan Yayasan Pangudi Luhur pusat yang memberikan sambutan begitu amat mendalam tentang sejarah sekolah Van Lith sejak berdirinya. Terlebih beliau mengalami sendiri menjadi Kepala Sekolah SPG Van Lith tempoe doeloe,  sekaligus mengalami sendiri  kebersamaan dengan Br. Aristides Hutjens FIC., dan Bpk Yustinus Soenaryo Hadi Warsito .  Usai Ekaristi syukur , Romo Nugroho, Romo Agung , Br. Giwal , Bruder Martin Handoko , keluarga besar / putra putri dari Bpk. Yustinus Soenaryo , para guru dan para undangan  menuju  ke lokasi Monumen untuk peresmian 2 tokoh tersebut, yaitu  Peresmian Monumen Patung Br. Aristides Hutjens FIC., dan Bpk Yustinus Soenaryo Hadi Warsito. Dan seperti perayaan syukur pada umumnya, di akhir selebrasi ditutup dengan ramah tamah keluarga besar Van Lith dan Para undangan. Semoga  Para Vanlithsian  yang telah tersebar di seantero Nusantara ini mampu merasakan Roh dan menyecap semangat Romo Van Lith  di dalam jiwa mereka. Dari van Lith untuk Indonesia . Nik








^:^ : IP 34.236.216.93 : 3 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2019  http://vanlith-mtl.sch.id/