SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Rabu, 23 Januari 2019  - 11 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



07.01.2019 13:38:39 107x dibaca.
BERITA
FGD PENDAMPINGAN KARYA TULIS di SMA VAN LITH

         Rabu 5 Desember 2018  diadakan Focus Discusiion Group ( FGD ) para guru/pendamping SMA PL Van Lith tentang Standarisasi Pendampingan Penulisan Karya Tulis para siswa  . Acara yang dipandu oleh  3 dosen Uinversitas Atmajaya Yogyakarta yaitu Bp. Lukas, Bp. Rangga dan Bp. Ant. Birawa dimulai pk. 13.00, usai PAS ( Penilaian Tengah Semester) pk. 13 . Para guru/ pendamping setiap tahun mendampingi para siswa-siswi kelas XII dalam menyelesaikan tugas akhir  Penulisan Karya Tulis Ilmiah sebelum mereka mengikuti Ujian Nasional. Di sinilah para guru dikumpulkan untuk menyatukan persepsi dalam pendampingan Karya Tulis para siswa/siswi.

        Sebelumnya mereka mendapatkan pembekalan tentang penulisan Karya Tulis Ilmiah sejak kelas XI , kemudian awal kelas XII mereka mulai peneletian, konsultasi , pengumpulan data hingga pembahasan. Sekitar pertengahan bulan November setiap tahun nya diadakan Ujian Lisan dengan 2 penguji dalam satu ruang . Setiap 2 penguji akan menguji antara 10 – 12 siswa. Usai Ujian Lisan,  ada tahap revisi karya ilmiah dan pada bulan Januari tahun berikutnya Karya Tulis itu sudah clear dalam bentuk sudah di Jilid. Dinamikan penulisan karya tulis di SMA Van Lith terasa gregetnya saat mereka mempersiapkan ujian lisan , bahkan sampai ada yang gemrobyos karena grogi menghadapi pertanyaan para penguji. Pengalaman yang luar biasa bagi para siswa-siswi , dengan demikian mereka kelak akan lebih mudah melalui saat di Perguruan Tinggi ketika mempersiapkan penulisan Skripsi.

        Penilaian karya tulis di Van Lith meliputi 3 tahap yaitu Proses Pembimbingan ( 50 % ), Ketepatan waktu pengumpulan ( 20 % ) dan Ujian Lisan ( 30 % ) . Penelitian dan penulisan Kartul mereka amatlah beragam, dari  akademis murni, penerapan ilmu, psikologi, seni budaya, olah raga hingga religiositas. Penerapan ilmu, misalnya pemanfaatan kulit jeruk sunkis untuk pembuatan permen, pembuatan minuman ( ala teh) dari daun pucuk merah, pembuatan sirup ubi jalar dll. Untuk pemanfaatan pangan biasanya sampai uji kelayakan ( Uji Organoleptik ) terhadap warga kampus. Seru, mendebarkan  dan menggairahkan bagi siswa-siswi yang mengerjakan Kartul ini dengan sungguh-sungguh. Itu lah sekelumit bagaimana para Vanlitsian kelas XII dalam mengasah diri sebelum lepas landas sebagai mahasiswa. Yang pasti Van Lith mencoba memberikan yang terbaik untuk para lulusannya. Semagat ber Kar Tul ( Nik )








^:^ : IP 54.146.206.127 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2019  http://vanlith-mtl.sch.id/