SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Minggu, 21 Oktober 2018  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



31.07.2018 07:28:05 171x dibaca.
BERITA
AKSOS SMA Van Lith, angkatan 26

Aksos ( Aksi Sosial ) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Van Lith minngu pertama pada tahun ajaran baru kelas XII. Sejak kelas XI mereka sudah disiapkan dengan kegiatan Aksos ini. Dari kegiatan Mengalami Kerja, ngamen di beberapa Gereja, penjualan kaos, souvenir dll. yang dilakukan oleh angkatan 26 ini, akhirnya mereka mampu mengumpulkan dana 120 an juta , sungguh upaya yang luar biasa. Dan dana itulah yang kemudian digunakan untuk aksi sosial ini. Panitia Aksos Siswa melakukan survei lokasi tempat Aksos, dan terpilihlah wilayah Gantang ( Paroki BanyuTemumpang) Kec. Dukun Magelang sebagai lokasi mereka mengembangkan rasa peduli kepada masyarakat .

            Berdekatan dengan Taman Doa Gantang, wilayah ini  penduduknya ternyata masih banyak yang belum memiliki MCK. Bekerja sama dengan para tokoh dusun Gantang, maka pembuatan 23 tempat MCK dikerjakan oleh siswa-siswi kelas XII  dan penduduk setempat . Selama 1 minggu, para siswa –siswi membantu warga untuk mewujudkan program ini. Mereka tersebar di 15 rumah penduduk sebagai base camp penginapan . Sejak pagi hari para siswa bersama warga mengusung material , batu, pasir, semen dll. bahkan beberapa siswa ada yang berani masuk ke lubang tanah sedalam 3 m menggali tanah untuk pembuatan septic tank. Terasa berat dan melelahkan karena letak lokasinya di lereng Gunung Merapi yang struktur tanahnya naik turun tebing. Untuk logistik dan dapur umum, mereka memilih rumah yang agak luas, karena harus mempersiapkan makan bagi 170 an siswa tentu tidaklah mudah terlebih mereka yang notabene para ABG hampir tak pernah bersinggungan dengan urusan dapur .

            Satu pengalaman yang mungkin sekali ini saja dalam hidup mereka, namun program besar ini diadakan oleh sekolah dimaksudkan untuk memupuk rasa kepedulian terhadap orang lain yang membutuhkan . Seribu peristiwa, seribu rasa dan kata namun satu makna yang ingin dimunculkan di permukaan hati yaitu rasa kepedulian, kesederhanaan dan mampu bersyukur bahwa kesehatan yang diberikan Tuhan sepantasnya menjadi berkat bagi orang lain, dan membantu kehidupan orang lain. Profisiat untuk AKSOS 2018,  angkatan 26 . dari van Lith untuk indonesia. –nik -








^:^ : IP 54.224.150.24 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2018  http://vanlith-mtl.sch.id/