SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
SMA Pangudi Luhur Van Lith - Jl. Kartini No. 1 Muntilan 56411  Telp. 0293-587041 Fax. 0293-586090
Selasa, 21 November 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



28.04.2016 13:53:20 1296x dibaca.
ARTIKEL
“SRAWUNG BOCAH “ di SMA PL VAN LITH Muntilan

Dua puluh lima tahun usia SMA Pangudi Luhur Van Lith tepatnya sejak 1991 setelah alih fungsi dari SPG Van Lith .  Lustrum V SMA Van Lith kali ini direncanakan menjadi moment istimewa yang akan memaknai seluruh perjalanan sekolah ini. Diawali dengan kegiatan “SRAWUNG BOCAH “  yang diadaptasi dari PIA AKBAR setiap dua tahun sekali. Kali ini panitia Srawung bocah yang dikoordinasi oleh Ibu M. Susilowati pendamping Ekonomi Van Lith sedangkan dari panitia siswa dikoordinasi oleh Joao Fernando Dos Santos Miranda  dan Felix Handoko, keduanya dari XI IPA2. Mereka  mampu menggiring panitia untuk menuju puncak acara pada hari minggu 24 April 2016. Tak kurang dari 1000 anak-anak terhitung dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Mereka sebagian berasal dari kelompok PIA di sekitar Muntilan tempat ber Katekese nya siswa-siswi Van Lith, dari Wonolelo Kedung Kayang  lereng Merapi hingga Panti asuhan Boro masuk wilayah DIY. Seperti menyusuri jalan panjang , saat memulai langkah di ujung jalan, siswa-siswi Van Lith harus mengawali dengan kegiatan Katekese di berbagai Stasi sekitar Muntilan secara bergilir , dari Stasi lereng Merapi hingga stasi –stasi sekitar di Muntilan. Satu setengah tahun mereka wajib mengikuti jadwal ber katekese. Setelah berproses di pia stasi , disambung dengan rekoleksi PIA dan diakhiri dengan PIA AKBAR yang kali ini dinamai dengan Srawung bocah. Itulah kegiatan Van Lith dalam ranah Katekese. 

            Mengusung tema MEJIKUHIBINIU  dengan latar belakang budaya Jawa , seluruh pemandu acara ini dikemas menggunakan kostum Punokawan ( Semar, Gareng, Petruk, Bagong ) . Acara awal sulap untuk menarik supaya anak-anak mengumpul di arena utama yang kemudian sambutan oleh Br. Ag. Giwal Santoso, FIC selaku Kep. Sekolah   disambung dengan bapak Camat Muntilan Bp. Drs. Djawawi. Pemukulan gong oleh Pak Camat sebagai tanda pembuka acaranya. Panitia telah dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang akan memandu acara permainan tradisional yang diikuti oleh peserta kelas 1 , 2 dan 3 SD sedangkan bagi kelas 4, 5 dan 6 SD mengikuti workshop dengan cara yang seru tentunya. Juga tampilan dari komunitas seni dan budaya sekitar Muntilan seperti Padhepokan Ciptobudaya , Komunitas Ilalang, Komunitas Omah Ngisor, Bangun Budaya dan Cakar Lele. Semua komunitas Seni Budaya  ditampilkan dalam acara ini dengan maksud untuk menegaskan bahwa budaya lokal tidak boleh tergeser di kehidupan anak-anak. Dan menjadi kewajiban kita semua sebagai sebuah bangsa untuk senantiasa membangunkan, menghidupi , menjadi pelaku langsung seni budaya khususnya Jawa.

            Para pendamping anak-anak dari setiap lingkungan nampak berbaur dengan mereka. Dari halaman pasturan, halaman lapangan upacara SMA Van Lith, Aula, area parkir, lapangan basket dan volly semua terpakai untuk kegiatan ini. Semakin siang semakin seru, meskipun keringat bercucuran di wajah bocah-bocah itu tetapi mereka sungguh ceria dan semangat. Nampak Romo Nugroho Tri Pr. kepala M3 ( Museum Missi Muntilan ) juga turut menyemangati panitia dan bocah-bocah yang ikut bermain . Semakin gayeng karena setiap lingkungan membawa makanan tradisional kemudian dikumpulkan di satu tempat untuk dinikmati bersama-sama saat kelelahan telah tiba untuk diredakan . Ya....acara makan siang tentunya. Dan akhir acara Sayonara......dengan menyimpan berbagai kenangan tentang acara ini. Teringat pesan eyang kakung, “Sing sopo wonge iso nguri-uri budhoyo para leluhur, bakal iso ngrabuk sukmo ngulur nyowo.” Yang artinya barang siapa mampu melestarikan budaya para leluhur maka bisa memupuk jiwa dan memperpanjang umur. Nik





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 54.80.169.119 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR VANLITH
 © 2017  http://vanlith-mtl.sch.id/